RESEP KUE CUBIT ENAK, EMPUK, GURIH & LEZAT - BISA DIBUAT TANPA MIXER

Jika pada pagi hari terutama pada saat hari libur kerja, para ibu-ibu muda yang kesehariannya dalam seminggu biasanya disibukkan dengan pekerjaan rotinnya, maka untuk hari libur biasanya ingin menu masakan lain khusus hari libur untuk disantap bersama suami dan anak2nya.

Di kanan dan kiri tukang sayur yang berada di pasar sayur tersebut, dan karena memang tujuan kita adalah membeli sayuran dan bahan masakan untuk hari itu, terkadang selintas kita lihat jajanan kue-kue yang langsung dibuat sehingga kondisinya masih hangat, yaitu Kue Cubit, mengapa disebut kue cubit ? untuk pembahasannya lain waktu kita ulas… heheheh…

Kue Cubit memang enak jika disantap pada saat masih hangat sambil minum teh hanga ataupun kopi hitam manis sedang, apalagi pada pagi hari yang terkadang kondisi udara masih dingin dan karena saat ini memang sedang musim hujan, sangat enak dan sangat cocok.. nyam, nyam..   

Banyak variasi yang bisa kita kembangkan dalam cara membuat kue cubit enak, empuk, gurih & lezat dengan menggunakan adonan dasar di bawah, kita juga bisa mengkombinasikan adonan dengan aneka rasa sesuai selera, diantaranya ada yang menambahkan isi buah nangka yang sudah dicacah untuk menambah aroma sedap dan menggoda, dan lain sebagainya.

Dan berikut adalah bahan-bahan adonan dasar kue cubit :



             100 gram     tepung terigu
             100 gram     gula pasir
                  3 butir     telur
             100 gram     margarin dilelehkan
            1 bungkus     vanili bubuk
       ¼ sendok teh     Soda kue
       ½ sendok teh     baking powder

+ keju parut dan coklat meses secukupnya


CARA MEMBUAT KUE CUBIT ENAK DAN EMPUK

1.       Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula pasir, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gambar di atas merupakan hasil kue cubit yang dikocok tanpa mixer, tetapi bisa juga menggunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
2.       Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata. Tuang margarin cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
3.       Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
4.       Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses lalu tutup dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan. Keluarkan dari cetakan lalu sajikan dan jika memiliki sisa keju parut dan di taburi di atas kue cubit supaya lebih yummy.

Sebagaimana yang dijelasakan di atas, kita juga bisa memodifikasi kue cubit dengan kombinasi rasa nangka, dan berikut penjelasannya:


RESEP KUE CUBIT RASA NANGKA

             100 gram      tepung terigu
               70 gram      gula pasir
                  2 butir      telur
   3 sendok makan      margarin dilelehkan
   3 sendok makan      susu kental manis
       ¼ sendok teh      soda kue
       ½ sendok teh      baking powder
                 3 buah      isi nangka matang, potong kecil2
                 200 ml      air

+ keju parut dan coklat meses secukupnya

CARA MEMBUAT KUE CUBIT NANGKA

1.       Kocok telur, gula dan margarin menggunakan kocokan telur hingga mengembang, masukkan susu kental manis dan baking powder. Kocok hingga rata kemudian masukkan air dan kocok lagi, terakhir masukkan terigu.
2.       Aduk sampai rata dan tidak ada yang menggumpal baru kemudian masukkan potongan nangka, aduk rata.
3.       Panaskan cetakan, tuang adonan hingga penuh atau rata pada cetakan kemudian tutup dan masak sampai setengah matang. Taburi dengan coklat meses dan tutup kembali, masak sampai metang merata, dan siap disajikan.

Demikian semoga bermanfaat dan
Selamat Mencoba